Senin, 16 Januari 2012

Rakel & Frame ( Sablon)

Rakel & Frame

Squeege

Rakel/Squeege pada teknik cetak sablon disamping berfungsi sebagai alat cetak juga berfungsi sebagai alat penekan tinta cetak ke atas bahan yang akan dicetak. Hal-hal yang perlu diperhatikan tentang rakel yang digunakan pada cetak sablon adalah:
Bahan rakel
  1. Kekerasan karet raket
  2. Profil dan ukuran rakel
Bahan RakelBahan rakel biasanya terbuat dari karet alam, tetapi karet alam mudah sekali rusak dan mudah bereaksi dengan bahan pelarut yang digunakan, sehingga mempunyai umur yang pendek. Bahan karet rakel saat ini umumnya terbuat dari bahan karet sintetis seperti polyvinyl dan polyurethan. Bahan yang terbuat dari sintetis tidak mudah terpengaruh oleh tingkat kelembaban udara (relative humidity), suhu, maupun bahan pelarut, sehingga memiliki umur yang panjang.
Kekerasan Karet RakelPada umumnya bahan yang lunak dan tumpul akan mampu memindahkan lebih banya lapisan film tinta pada media cetak, sedangkan bahan yang keras dan tajam mengalihkan lapisan film tinta lebih sedikit.
Derajat tingkat kekerasan karet rakel:

  • 40-45 o Shore, Rakel sangat lunak, untuk memindahkan lapisan film tinta dalam jumlah banyak
  • 50-55 o Shore, Rakel lunak, untuk mencetak botol, kain, dan permukaan yang tidak rata
  • 60-65 o Shore, Rakel sedang, untuk mencetak kertas, karton, dan pekerjaan umum lainnya
  • 70-75 o Shore, Rakel keras, untuk memindahkan lapisan film tinta yang tebal, digunakan pada mesin, dan mencetak gambar (image) nada lengkap (halftone) kasar
  • 80-85 o Shore, Rakel sangat keras, memindahkan film tinta dalam jumlah banyak/tebal, digunakan pada mesin, dan mencetak gambar nada lengkap halus
Profil dan Ukuran Rakel
  • Rakel ujung persegiPada umumnya digunakan untuk mencetak di atas bahan cetak kertas, karton, dan merupakan rakel yang paling banyak mengalihkan tinta.
  • Rakel ujung bulatRakel yang digunakan untuk mencetak diatas latar belakang gelap, menggunakan tinta fluorescent, dan memindahkan tinta dalam jumlah banyak.
  • Rakel satu sisi miring 45oDigunakan untuk mencetak diatas bahan kaca, gelas, plastik, pelat, dengan jumlah lapisan film tinta yang tipis.
  • Rakel dua sisi miring 65oDigunakan untuk mencetak diatas benda-benda yang berbentuk silinder atau pada permukaan yang tidak rata seperti botol dan kain dengan detail yang penuh.
  • Rakel sisi bulatDigunakan untuk mencetak diatas kain, karena dapat memindahkan lapisan film tinta yang banyak/tebal.
  • Rakel dua sisi miring ujung datarDigunakan untuk mencetak bahan keramik, karena dapat memindahkan tinta dalam jumlah banyak.
  • Rakel perata atau intan (diamond)Rakel ini biasanya digunakan untuk mencetak cetakan yang berupa kemasan atau packaging.
Frame (bingkai cetak) yang digunakan dalam proses cetak sablon memiliki fungsi utama untuk merentangkan screen. Selain itu karena cetak sablon (manual) tidak memiliki sistem penintaan, maka frame juga berfungsi sebagai wadah tinta cetak. Frame yang baik memiliki beberapa persyaratan, diantaranya kuat, tahan lama, dan juga tahan terhadap bahan kimia.

Bahan Frame
  • kayuUmumnya untuk pekerjaan yang tidak memerlukan register tinggi, karena frame kayu mudah berubah ukuran, baik mengembang maupun menyusut.
  • alumuniumFrame ini cocok digunakan untuk pekerjaan dengan oplag tinggi, penyablonan dengan mesin, pekerjaan berwarna, serta pekerjaan dengan register tinggi, karena pada dasarnya frame alumunium cukup kuat, namun tidak tahan terhadap soda api dan sodium hipoklorit yang biasanya digunakan untuk mencuci screen
Frame kayu sendiri bisa dibuat secara manual dan dapat dilakukan sendiri. Frame kayu sendiri memiliki beberapa jenis sambungan, diantaranya:
  1. Sambungan sudut, penuh dengan besi siku
  2. Sambungan sudut setengah tumpuk
  3. Sambungan sudut 45o
  4. Sambungan sistem patris matris
  5. Sambungan sistem kombinasi

Squeege Part 2


  1. Rakel yang digunakan untuk mencetak menggunakan tinta cetak dasar minyak (solvent base ink). Rakel ini pada umumnya berwarna merah, coklat, dan hijau yang sering kali pada gagangnya diberi tanda tahan terhadap semua bahan solvent keras.
  2. Rakel yang digunakan untuk mencetak menggunakan tinta dasar air (water base ink). Rakel jenis ini biasanya berwarna biru dan tidak tahan untuk solvent keras.
Gagang Karet RakelPegangan karet rakel pada dasarnya terdiri dari 2 jenis, yakni gagang rakel yang terbuat dari logam dan gagang rakel yang terbuat dari kayu.
  1. Gagang rakel dari logamLogam yang digunakan adalah aluminium dengan tujuan agar pada waktu pencucian setelah rakel digunakan mencetak dapat lebih bersih, karena karet rakel dan gagang rakel dapat dipisahkan.
  2. Gagang rakel dari kayuKaret rakel dengan gagang kayu hanya disisipkan saja pada bilah kayu, sehingga bila ada tinta cetak yang mengering pada gagang rakel sering kali karet rakel sukar dimasukkan kembali.
Sudut Gerak RakelAgar dihasilkan lapisan film tinta yang baik keatas bahan cetak, maka sudut rakel pada waktu pencetakan idealnya adalah :
  • 65-75o (sudut ideal)Hal ini dilakukan terutama bila proses pencetakannya manual, dengan tujuan agar diperoleh lapisan film tinta ke atas bahan cetak sempurna (tipis dan rata)
  • > 75oRakel tidak memiliki kelenturan dan menyebabkan terjadinya gesekan rakel dengan scree, sehingga hasil cetak tidak register dan tinta pun sulit beralih.
  • < 65oKelenturannya tinggi, sehingga kontak dengan screen sangat kurang dan dapat menyebabkan perpindahan tinta yang berlebihan.
Arah Gerak RakelPada proses pencetakan secara manual, gerakan rakel dimulai dari sisi terikat ke sisi bebas, dengan tujuan agar bahan cetak tidak melekat dan idealnya jarak antara sreen dengan bahan cetak adalah 3-5mm.

sumber : http://duniagrafika.wordpress.com/2008/12/28/rakel-frame/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar