Kamis, 05 November 2015

Studi kasus masalah dan penyelesaian tentang Flashdisk



Masalah 1: mengatasi flashdisk yang mengalami write protect
Masalah seperti ini sering terjadi pada flashdisk dengan ciri-ciri tertentu, antara lain

  • Flashdisk tidak dapat membuang file dalam flashdisk dan menerima file dari luar, 
  • Proses format tidak dapat dilakukan dan saat akan dilakukan proses format maka akan muncul pesaan write protect. 

Ciri-ciri tersebur dapat terjadi pada komputer yang lain.

Berikut cara mengatasi masalah write protect pada flashdisk:

  1. kita akan menggunakan program yang sudah ada pada windows, yaitu commamd prompt(cmd). Masuk pada program ini dengan cara klik start-run.
  2. Ketikkan cmd pada jendela Run kemudian tekan oke atau enter.
  3. Akan muncul commamd prompt.
  4. Ketikkan CHKDSK/F drive tujuan. Sebagai contoh, untuk memperbaiki flashdisk saya yang berada didrive G, maka saya ketikkan perintah CHKDSK/F G:
  5. Tekan enter 
  6. Tunggu proses check disk sampai selesai.
  7. Perhatikan apakah ada problem yang membuat flashdisk terkena write protect.
  8. Jika anda berniat memformat flashdisk anda, ketikkan perintah berikut FORMAT G:
  9. Tekan enter 
  10. Isikan nama flashdisk yang ingin anda format. Disini saya mengisikan My Disk. Kemudian tekan enter.
  11. Akan tampil pesan konfirmasi. Isikan Y . tekan enter.
  12. Tunggu proses format disk sampai selesai.
  13. Isikan nama baru untuk flashdisk.
  14. Tekan enter.
  15. Refresh komputer.jika masih terdapat masalah pada flashdisk,restart komputer.


Masalah 2: Flashdisk disimpan dalam kantong atau saku celana dan baju.
Sering terjadi pada kita yang terkadang malas meletakkan flashdisk ketempatnya. Hal yang sering terjadi adalah diletakkan pada saku baju atau celana. Kalau biasanya diletakkan pada kantong celana belakang maka akibat yang terjadi adalah flashdisk retak atau motherboard flashdisknya retak. Sehingga ketika dicolokkan ke Laptop maka tidak bisa terbaca lagi oleh sistem.
Kalau diletakkan pada saku baju yang paling mengerikan adalah ketika anda lupa mengambil flashdisk dari saku baju tersebut sehingga ketika anda ingin mencuci baju tersebut,maka flashdisk akan ikut terendam air bersama pakaian tersebut. Maka yang terjadi adalah anda bisa lihat sendiri yang pasti flashdisk rusak total.
Maka solusinya adalah harus menjaga dan merawat flashdisk ini sebaik mungkin dan kalau perlu kita menyediakan tempat khusus untuk menyimpan flashdik tersebut.


Masalah 3: Flashdisk Jarang di Eject
Flashdisk menjadi alat penyimpanan yang mempunyai tata cara untuk dikeluarkan dan dimasukkan kedalam port USB komputer dan laptop.Setiap kali anda mencolokkan flashdisk diutamakan ketika akan selesai melakukan pemindahan atau menyalin data maka aturan untuk mengeluarkannya adalah dieject melalui klik kanan dan ejek flashdisknya.Tapi terkadang hal yang membuat kita lupa ada dengan melepas langsung dari port USB komputer tersebut.
Tahukan anda apa yang menjadi kerusakan melepas Flashdisk tanpa di Eject atau melepas langsung dari portnya ? maka jawabannya adalah kecepatan membaca yang ada didalam flashdisk bisa tidak berfungsi normal atau bisa juga tidak bisa bekerja lagi otomatis ketika anda ingin mencolokkan flashdisk ke Port USB komputer anda.
Karena flashdisk mempunyai daya baca ketika akan disambungkan port USB.Maka ketika anda tanpa melakukan eject dan mencabut langsung sebenarnya didalam flashdisk sedang terjadi pembacaan data yang sedang berlangsung dan ketika anda mencoba mencabutnya maka kecepatan data tersebut akan otomatis fungsinya terganggu.Fungsi yang terganggu akan membuat sistem pembacaan flashdisk menjadi error dan kalau error maka flashdisk susah untuk digunakan atau bisa juga rusak total sehingga tidak bisa digunakan lagi untuk menyimpan data anda.
Maka solusi yang tepat adalah kita menggunakan software untuk melindungi flashdisk kita dari serangan dalam maupun luar dengan cara menginstall software tersebut, contohnya: usb safely remover, dll

Masalah 4: Flashdisk Terlalu Lama dicolokkan
Untuk masalah waktu pencolokkan juga perlu diperhatikan karena pada MB flashdisk sedikit tidak tahan dengan suhu yang terlalu tinggi, sehingga flashdisk yang memiliki waktu lama dicolokkan membuat sirkuit flashdisk panas dan panas ini bisa membuat MB flashdisk rusak dan tidak bisa berfungsi lagi.
Untuk itu jangan sampai membuat flashdisk menjadi panas.

Masalah 5: Flashdisk Terjatuh
Ini sering terjadi juga pada kita yakni flashdisk sering jatuh atau terbanting ke lantai,tapi rusak atau tidaknya flash tergantung dari jarak jatuhnya.Semakin tinggi jarak jatuhnya semakin besar kemungkinan flashdisk tidak bisa terpakai lagi.Maka dari itu senantiasa flashdiks dibuat tali gantungannya sehingga flashdisk anda aman dari bantingan.
Cara supaya tidak sering jatuh beri gantungan atau tali ikatan di flashdisk kemudian gantungkan di leher anda.Hal ini sering kita lihat orang yang suka menjaga flashdisknya dengan menggantungkan flashdisknya di lehernya yakni dengan memberikan tali gantungan kepada flashdiks anda tadi.Sehingga kemungkian untuk jatuh lebih sedikit.Ini merupakan cara baik untuk menjaga flashdisk anda dari kerusakan.

Masalah 6 : Mengatasi FlashDisk tidak bisa copy-paste

  1. Klik menu Start -> Run  atau  Bisa dengan menekan tombol Win + R  Pada keyboard.
  2. Ketik “Regedit” lalu tekan OK
  3. Lalu masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies
  4. Selanjutnya pilih “WriteProtect“, Double Klik file “WriteProtect” tadi, dan ubah Value Data menjadi 0  (Nol)Terakhir klik OK, dan restart Komputer.


Masalah 6 :   Mengatasi Flashdisk tidak bisa diformat
  1. Silakan buka Windows Run ( Start lalu klik Run ), atau tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. kemudian ketik " compmgmt.msc " dan tekan tombol Enter. (jika kesulitan lebih baik copy + paste)
  3. Pada jendela Computer Management, pilih Storage kemudian klik Disk Management.
  4. Di sini akan terdapat flashdisk sobat di bagian agak bawah, yaitu pada Disk 1. Lalu sobat klik kanan, setelah itu pilih Create Partition, dan klik kanan kembali dan pilih Format dan akhirnya selesai, flashdisk anda sudah bisa diisi data lagi.


Masalah 7:   Solusi file flashdisk hidden

  1. Klik my computer> tool> Folder option>view
  2. Conteng dalam kotak 'show hidden and file'
  3. Buang conteng dalam kotak 'hide ekstension for know file type' 'hide protected operating system and file'
  4. Apply to all folder > OK


Semoga Membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar